Pemain Asia Tersukses

10 Pemain Asia Tersukses di Eropa

3 Flares Twitter 2 Facebook 1 Filament.io 3 Flares ×

Eropa merupakan salah satu tujuan utama para pemain bola yang tersebar di seluruh dunia. Dengan janji ketenaran dan harta yang melimpah, banyak pemain-pemain top dari berbagai belahan dunia rela meninggalkan kampung halamannya hanya untuk bermain bola di benua biru tersebut. Tidak terkecuali pemain-pemain yang berasal dari Asia.

Dalam 10 tahun terakhir sudah banyak pemain Asia yang berkarier di liga-liga sepak bola Eropa. Mulai dari divisi rendah sampai kasta tertinggi. Tapi hanya beberapa saja yang sukses menjalani karier di level atas sepak bola Eropa. Beberapa malah pernah bermain untuk klub dengan catatan sejarah dan prestasi hebat.

SHUNSUKE NAKAMURA

Shunsuke Nakamura

Shunsuke Nakamura

Shunsuke Nakamura adalah pengatur serangan top asal Jepang yang pernah bermain untuk Glasgow Celtics dan Espanyol. Tendangan bebas kaki kiri Nakamura adalah salah satu yang terbaik di Eropa.

Akurasi tendangan bola matinya terekam saat dia mencetak hattrick kala Celtic menghajar St Mirren 7-0. Ketiga gol itu dicetak lewat tendangan bebas. Sayangnya, Nakamura sering dikritik karena memiliki stamina yang lemah.

 

AHN JUNG HWAN

Ahn Jung Hwan

Ahn Jung Hwan

Ahn Jung Hwan adalah idola Korea Selatan. Golnya menghentikan laju Italia di babak perdelapan final Piala Dunia 2002 Korea – Jepang.

Namun gol tersebut juga membuatnya didepak dari klub dimana ia bermain, Perugia yang merupakan klub Italia. Ahn didepak karena dianggap telah merusak persepak bolaan Italia.

 

ALI DAEI

Ali Daei

Ali Daei

Ali Daei adalah pemain Iran yang pernah berseragam klub elit Jerman, Bayern Muenchen.Ali Daei adalah orang Asia pertama yang mencetak gol di penyisihan grup Liga Champions. Pemain ini sudah mengemas 109 gol untuk timnasnya. Torehan golnya tersebut menjadikan Ali Daei sebagai pencetak gol terbanyak bagi Iran.

Pada tahun 2012, Ali Daei sempat mengalami kecelakaan lalulintas, kondisinya pun sempat kritis. Saat ini Ali Daei melatih klub divisi utama Liga iran, Perspolis Tehran.

PARK JI SUNG

Park Ji Sung

Park Ji Sung

Park Ji Sung adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Korea Selatan. Park mulai di kenal puli kala mencetak gol tunggal yang membawa Korea Selatan mengalahkan Portugal di piala dunia 2002. Namanya kian melejit saat ia membela Manchester United.

Gelandang lincah asal Korea Selatan itu sebelumnya pernah bermain untuk PSV Eindhoven. Saat ini Ji Sung bermain untuk Queens Park Rangers, dan mencoba bangkit setelah klubnya tersebut terdegradasi dari Liga Premier Inggris.

SHINJI KAGAWA

Shinji Kagawa

Shinji Kagawa

Shinji Kagawa merupakan pemain asal Jepang yang kini namanya kian terkenal semenjak dirinya bergabung dengan Manchester United. Sebelum bermain bersama MU, Kagawa sempat merumput bersama Borussia Dortmund pada 2010. Saat membela Dortmund, Kagawa termasuk pemain andalan klub juara Liga Jerman 2011 – 2012 itu.

Pada tanggal 29 November 2012, Kagawa terpilih AFC International Player of the Year Award. Meskipun menjadi pemain asia pertama yang mencetak hattrock di Liga Premier Inggris, nasibnya kurang cemerlang ketika Kagawa bermain untuk Manchester United. Kagwa sering duduk di bangku cadangan. Hal tersebut diduga karna ia tidak cocok ditempatkan di posisi sayap.

ALI AL HABSI

Ali Al Habsi

Ali Al Habsi

Ali Al Habsi merupakan pemain berkebangsaan Oman. Datang pertama ke Inggris untuk bermain bersama Bolton Wanderers dan dipinjamkan ke Wigan selama setahun. Statusnya pun menjadi permanen di Wigan hingga kini karena kehebatannya di bawah mistar gawang.

Al Habsi adalah salah satu kiper elit di Liga Inggris. Kelihaiannya dalam menjaga gawang banyak diakui oleh penyerang-penyerang top di Liga Inggris, salah satu korbannya adalah Manchester City. Ketika Wigan berhasil memenangkan FA Cup 2013.

YUTO NAGAMOTO

Yuto Nagatomo

Yuto Nagatomo

Yuto Nagatomo adalah seorang pemain berkebangsaan Jepang. Membela timnas Jepang sejak 2008 dan hingga kini bermain untuk Inter Milan.

Nagatomo merupakan salah satu bek sayap kiri terbaik di Eropa. Posisinya di Inter Milan nyaris tidak tergantikan, meskipun klubnya tersebut sering bergonta-ganti pelatih.

LEE CHUNG YONG

Lee Chung Yong

Lee Chung Yong

Lee Chung Yong merupakan pemain sepak bola berkebangsaan dan andalan Korea Selatan yang hingga kini masih memperkuat Bolton Wanderers. Menempati posisi sebagai sayap kanan, Chung Yong terkenal dengan pergerakan dan umpan crossingnya yang akurat.

Lee Chung Yong pernah terpilih sebagai salah satu gelandang dunia yang paling bersinar oleh ESPN dan The Times pada tahun 2009. Di usia yang masih menginjak 25 tahun ini, masih sangat memungkinkan untuk Chung Yong berkembang di Eropa.

KEISUKE HONDA

Keisuke Honda

Keisuke Honda

Keisuke Honda lahir di Settsu, Prefektur Osaka, Jepang, 3 Juni 1986. Honda merupakan seorang pemain sepak bola Jepang yang berposisi sebagai gelandang. Saat ini ia membela klub Rusia, CSKA Moskwa.

Bakatnya yang cemerlang bersama klub asal Rusia tersebut membuat AC Milan kepincut untk memboyong pemain yang suka mengecat rambutnya menjadi pirang tersebut.

HIDETOSHI NAKATA

Hidetoshi Nakata

Hidetoshi Nakata

Hidetoshi Nakata adalah pemain berkebangsaan Jepang. Nakata adalah salah satu pemain Asia yang paling terkenal pada masanya dan merupakan salah satu pesepak bola terbaik Asia. Selain mengharumkan nama Timnas Jepang, Nakata juga pernah bermain di Perugia, Roma, Parma dan Bolton.

Debutnya di Eropa bersama Perugia terbilang cemerlang. Ia mencetak dua gol kala klubnya bertemu Juventus. Hal tersebut langsung membuat Manchester United memburu Nakata. Namun Nakata menolak, ia lebih memilih menghormati kontraknya bersama Perugia. Pada tahun 1997 dan 1998 Nakata terpilih sebagai Pemain Terbaik Asia.

Setelah pensiun dari sepakbola, kini Nakata menjalani hari-harinya sebagai model di Jepang.